PENGARUH PENGGUNAAN READ ALOUD TERHADAP KECERDASAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA ALBINA
Keywords:
Read Aloud, Kecerdasan Bahasa, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan read aloud terhadap kecerdasan Bahasa anak usia 5-6 tahun di RA Albina. Kemampuan berbahasa merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan anak usia dini, khususnya pada usia 5-6 tahun. Pada tahap ini, anak-anak berada dalam periode kritis yang mempengaruhi kemampuan mereka untuk berkomunikasi, berpikir, dan memahami dunia di sekitar mereka. Read aloud atau membaca nyaring ialah membacakan buku cerita kepada anak dengan suara yang nyaring/dikeraskan, intonasi yang jelas, pelafalan vokal dan konsonan, irama yang sesuai, dan dengan hati yang tulus serta hangat kepada anak anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Pra Eksperimen dan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah 18 anak kelompok B1 di RA Albina. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi kecerdasan bahasa anak yang disusun berdasarkan indikator perkembangan. Hasil analisis data menggunakan uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara skor kecerdasan bahasa anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan metode read aloud. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa read aloud berpengaruh positif terhadap kecerdasan bahasa anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merekomendasikan penerapan read aloud sebagai salah satu strategi pembelajaran bahasa di lembaga pendidikan anak usia dini.
References
Abdullah, Karimuddin dkk. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: PT Rineka Cipta.
Asmawati, Luluk. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hayati, Sholatul. (2018). Tangkas Fisik- Motorik dengan Permainan Tradisional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isna, Aisyah. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal STAINU Purworejo: JurnalAl_Athfal. Vol.2 (2)
Kesuma, Putri Zalika. (2022). Cara Ajaib Menutrisi Otak Anak (Keajaiban Literasi Parenting dengan Membaca Nyaring). Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.
Khadijah. (2016). Pendidikan Prasekolah. Medan: Perdana Mulya Sarana.
Mulyasana, Dedy. (2015). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pasaribu, Benny S. dkk. (2022). Metodologi Penelitian Untuk Ekonomi Dan Bisnis. Tangerang: Media Edu Pustaka.
Pratiwi, Wulan Mulya dan Musyarifah, Zulda. (2021). The Book of Read Aloud. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Robingatin dan Ulfah, Zakiyah. (2020). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini (Analisis Kemampuan Berceritaa Anak). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Saefuddin, Asis. (2016). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sahir, Syafrida Hafni. (2021). Metodologi Penelitian. Jogjakarta: Penerbit KBM Indonesia.
Setiawan, Roosie. (2022). Membacakan Nyaring. Jakarta: Noura (PT Mizan Publika).
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Suhada, Idad. (2016). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suryana, Dadan. (2014). Hakikat Anak Usia Dini. https://repository.ut.ac.id/4697/ Di akses pada kamis, 21 November 2024. (20:37).
Susanto, Ahmad. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana. Trelease, Jim. (2017). The Read-Aloud Handbook. Jakarta: PT Mizan Publika.
Syarifah, S. (2019). Konsep kecerdasan majemuk howard gardner. Jurnal Sustainable, 2(2), 176-197.
Trelease, Jim. (2017). The Read-Aloud Handbook. Bandung: Noura Book.