PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR ANGKA (PAPINKA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AS-SOFHA
Keywords:
Media papan pintar angka, Kemampuan berhitung, AUDAbstract
Anak usia dini merupakan usia yang paling penting dalam membentuk potensi yang dimiliki anak. Potensi jasmani, rohani, maupun akal dan keteampilan akan berkembang menjadi lebih baik ketika dibina sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kegiatan “pengembangan media papan pintar angka (papinka) untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di TK As-Sofha”. Menjelaskan kondisi perkembangan kognitif berhitung anak dengan menggunakan media papinka. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Objek penelitiannya adalah media papinka, informannya adalah pakar dan siswa. Pengumpulan data melalui observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data, pengembangan produk, validasi pakar dan respons angket siswa dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: Kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di TK As-Sofha sebelum diberikan tindakan permainan kemampuan berhitungnya masih rendah, ini dibuktikan dengan hasil pre-test anak pada indikator berhitung masih belum berkembang dengan baik. Namun setelah diberikan media papan pintar angka (papinka) terlihat anak merespon permainan dengan sangat baik, anak dapat bekerjasama dengan baik, sehingga dengan adanya permainan ini dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun.
References
Ardini, L. (2018). Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Adjie Media Nusantara.
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran . jakarta: PT Rajagrafindo Persada .
Dacholfany, H. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam. jakarta: Amzah.
Hayati. (2018). Tangkas Fisik-Motorik Dengan Permainan Tradisional. yogyakarta: Pustaka Belajar.
Kamaladini. (2021). Pengembangan media papan pintar untuk meningkatkan motivasi peserta didik pada tema 7 sub tema 2pembelajaran 5 di kelas 1 sekolah dasar.
https://repository.ummat.ac.id (diakses pada 15 januari 2023 pukul 10.15 wib)
Khadijah. (2020). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. medan: perdana publishing.
Mirantika, V. (2020). Pengembangan Permainan Papan Pintar Angka (papinka) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun di Desa Talang Padang kecamatan padang guci hilir kabupaten kaur. skripsi virda mirantika.
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4805/1/VIRDA%MIRANTIKA%20.pdf (diakses pada tanggal 26 agustus 2022 pukul 10:20 wib).
Nurani, Y. (2019). perspektif baru konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta barat: CV. Campustaka.
Safa'ah, A. (2021). Pengaruh media papinka terhadap kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. JURMIA.
https://core.ac.uk/download/78032416 (diakese pada tanggal 10 februari 2023 pukul 14.25 wib)
Safira, A. R. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jawa Timur: Caremedia Communication.
Sarinah. (2020). pengembangan media apron hitung dalam pembelajaran berhitung anak usia 5-6 tahun diraudhatul athfal al-madani kabupaten kepahiang. Institut agama islam negeri (IAIN) bengkulu.
http://repository.iainbengkulu.ac.id/4798/1/SARINAH_TESIS.pdf (diakses pada tanggal 11 februari 2023 pukul 11:36 wib).
Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta
Sujiono, Y. N. (2011). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta barat: PT Indeks.
Sundayana, R. (2018). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.