PENGGUNAAN METODE FONIK EASY READER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI ANAK USIA DINI (AUD)

PENGGUNAAN METODE FONIK EASY READER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI ANAK USIA DINI (AUD)

Authors

  • Mutiara Sofa Mutiara STIT Al-Khairiyah CIlegon

Keywords:

Metode Fonik easy reader, pembelajaran bahasa Inggris, Anak Usia Dini (AUD).

Abstract

Tulisan ini menjelaskan tentang metode fonik easy reader dalam pembelajaran bahasa Inggris bagi anak usia dini. Bahasa Inggris dalam perkembangannya sangatlah penting, sehingga pembelajaran bahasa Inggris sering dipelajari dan dimasukan kedalam salah satu muatan lokal yang wajib dipelajari di sekolah tersebut mulai dari jenjang tingkat sekolah anak usia dini sampai dengan jenjang sekolah tingkat atas. Banyaknya tuntutan masyarakat untuk mempelajari bahasa Inggris membuat banyak lembaga-lembaga pendidikan seperti PAUD/TK/RA untuk memasukan bahasa Inggris kedalam kurikukum. Dalam hal ini tentu saja pembelajaran bahasa Inggris menuntut keahlian khusus bagi tenaga pendidik atau guru yang mengajar. Sehingga tenaga pendidikpun diharapkan mampu memahami dan menguasai bahasa Inggris secara menyeluruh seperti kemampuan speaking, reading, listening dan writting. Metode fonik easy reader merupakan salah satu metode pembelajaran bahasa Inggris yang bisa digunakan para pendidik untuk mengajarkan membaca bagi pembelajar pemula (english for young learner), salah satunya adalah untuk Anak Usia Dini (AUD). Metode fonik easy reader ini merupakan salah satu metode mengajar membaca yang berkaitan dengan bunyi.

References

Ardas, Lily (2012) Belajar Membaca dengan Metode Fonik https://lilyardas.wordpress.com/2012/03/13/metode-fonik/ [Online] diakses 24 Desember 2019

Council, British, Bagaimana Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anaka di Rumah https://www.britishcouncilfoundation.id/english/articles/start-teaching-kids-at-home [Online] diakses 24 Desember 2019

Mohammad, Herlina Mustikasari (2013) Metode Cepat dan Mudah Belajar Membaca Bahasa Inggris, Jakarta: Kawan Pustaka, Cet ke-1

Prayogo, Agus & Lulut Widyaningrum (2017) Implementasi Metode Fonik dalam Pengenalan Bunyi Bahasa Inggris, (Jurnal) Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Vol. 17 No. 1

Virdyna, Nina Khayatul (2015) Penerapan Metode Fonik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Dini, (Jurnal) OKARA, Vol. 1. Tahun X

Westhisi, Sharina Mungaraning (2019) Metode Fonik dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Bahasa Inggris Anak Usia Dini, (Jurnal) PG-PAUD IKIP SILIWANGI, Vol. 5 No. 1

Downloads

Published

2021-08-12

How to Cite

Mutiara, M. S. (2021). PENGGUNAAN METODE FONIK EASY READER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI ANAK USIA DINI (AUD): PENGGUNAAN METODE FONIK EASY READER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI ANAK USIA DINI (AUD). Al Kahfi : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2). Retrieved from https://ejournal.stitalkhairiyah.ac.id/index.php/alkahfi/article/view/97