EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH CITANGKIL

Authors

  • ahmad munji yayasan alkhairiyah

DOI:

https://doi.org/10.55307/adzzikr.v5i2.94

Abstract

ABSTRAK

Dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam terutama pada aspek metodologi pembelajaran, guru masih cenderung bersifat normatif, teoritis dan kognitif artinya dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan satu metode saja, sedangkan guru sebagai salah satu pelaksana pendidikan di sekolah dituntut untuk mampu menciptakan situasi dan kondisi pembelajaran yang hidup dan menyenangkan, jadi perlu adanya variasi metode pembelajaran yang relevan dengan materi pelajaran yang disampaikan.

Penerapan metode Kisah bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran yang digunakan dalam pendidikan agama Islam, khususnya dalam pembelajaran Aqidah Akhlak, dengan metode tersebut selain bisa cepat mengena di hati para siswa juga tidak mudah membuat bosan. Karena dalam metode Kisah para siswa dapat mengambil ibrah atau pelajaran dari kisah para Nabi atau orang-orang terdahulu, untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari Permasalahannya bagaimana metode Kisah dapat diterapkan secara efektif sehingga pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak mendapatkan respon yang positif, menarik perhatian, dapat dikembangkan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pembelajaran Aqidah Akhlak adalah materi pelajaran yang menjelaskan tentang keyakinan dalam hati kepada Allah SWT. atau berbicara tentang tauhid, yaitu bagaimana akhlak atau perilaku kita kepada Allah, sesama makhluk, dan terhadap alam sekitar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran Aqidah Akhlak menggunakan metode Kisah di Madrasah Aliyah Citangkil sangat relatif efektif. Sebagai bukti bahwa proses pembelajaran itu efektif yaitu antusiasme siswa selama proses pembelajaran, keaktifan siswa dan hasil evaluasi yang semakin meningkat.

Kata kunci : Aqidah, akhlak, metode kisah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Al-Qur’an Karim dan Terjemahnya. 1990. Semarang: Menara Kudus.

Ali, Sayuthi, Metodologi Penelitian Agama, Pendekatan Teori & Praktek, Jakarta : Raja Grafindo persada, 2002.

Al-Athar Dawud, Ilmu Al-Qur’an, Jakarta : Pustaka Hidayat, 1994.

Arifin HM, Kapita Selekta Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara, 1995.

Arikunto Suharsini, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta :Rineka Cipta, 1998.

Ad-Dimasyqi, Ibnu Katsir. 2004. Qoshosul Qur’an. Beirut-Libanon: Darul Kutub Ilmiyah.

Arifin. 2003. Ilmu Pendidikan Islam:Tinjauan Teoretis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Athiyah, Moh. 1984. Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Alfat, Masan (dkk). 1997. Aqidah Akhlak,(Untuk Madrasah Tsanawiyah Kurikulum 1994 Untuk Kelas I). Semarang: PT. Karya Toha Putra.

Bunyamin, Aqidah Akhlak, Jakarta : Yudistira, 2007.

Darajat dzakiyah, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta : PT Logos Wacana Ilmu, 1991.

Departemen Agama RI. Al-Qur’anul karim dan Terjemahnya.

Djatnika, Rahmat. Sistem Ethika Islam Akhlak Mulia. Jakarta: Pustaka Panjimas, 1996.

Dwiloka, Bambang dan Rati Riana. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

Hamidy, Mu’ammal dan Imron Al-Manan. Terjemahan Tafsir Ayat Ahkam AshShabuni. Surabaya: PT. Bina Ilmu, 1985.

Hamka, Tafsir Al-Azhar. Jakarta: Pustaka Panjimas, 1987.

Harun Fathullah Bin Madya Musa. Manusia dan Makhluk Gaib di Sekelilingnya. Jakarta: Al-Ghuraba, 2008.

Harun, Salman. Mutiara Al-Qur’an. Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu, 1999.

H. Mansyur, Masykur. Konsep Pendidikan Akhlaq Dalam Al-Qur’an dan Hadits. 2010.

Hadi, Sutrisno. 1989. Metodologi Riset. Yogyakarta: Andi Offset.

Isma'il ibn Katsir, Abilfida'. 1986. Tafsir Ibn Katsir. Lebanon: Beirut.

Khaeruman, Badri. Sejarah Perkembangan Tafsir Al-Qur’an. Bandung: Pustaka Setia, 2004.

Muhaimin (dkk.). 1996. Strategi Belajar Mengajar (Penerapannya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama). Surabaya: CV. Citra Media.

Muhaimin 1993. Pemikiran Pendidikan Islam (Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalisasinya). Bandung: Trigenda Karya.

Muhaimin 2001. Paradigma Pendidikan Islam (Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhaimin 2006. Nuansa Baru Pendidikan Islam : (Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan). Jakarta: Raja Grafindo.

Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Moleong, Lexy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nawawi, Hadari. 1993. Pendidikan dalam Islam. Surabaya: Al-Ikhlas.

Quthb, Muhammad. 1993. Sistem Pendidikan Islam. Terj. Harun, Salman. Bandung: PT Al-Ma’arif.

Rifai, Moh. 1994. Aqidah Akhlak (Untuk Madrasah Tsanawiyah Kurikulum 2013 Jilid I Kelas I ). Semarang: CV Wicaksana.

Syaodih, Nana. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Rosda Karya.

Shihab, Quraisy. 2002. Tafsir Al-Mishbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.

Tadjab (dkk). 1994. Dimensi-Dimensi Studi Islam. Surabaya: Karya Abditama.

UU RI No. 20 Tahun 2003. 2006. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

Zuhairini dan Ghofir, Abdul. 2004. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

2022-06-06

How to Cite

ahmad munji (2022) “EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH CITANGKIL”, Adz-Zikr : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2). doi: 10.55307/adzzikr.v5i2.94.