Relevansi Pendidikan Islam Di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah Pamekser dengan Konsep Pendidikan Islam Menurut Al-Ghazali
DOI:
https://doi.org/10.55307/adzzikr.v5i2.93Abstract
Abstrak
Lembaga pendidikan Islam merupakan suatu tempat atau wadah seuatu proses pendidikan dalam ruang lingkup keislaman, serta memiliki tugas penting dalam rangka mencapai cita-cita umat Islam. Adapuan bentuk-bentuk atau jenis2 lembaga pendidikan adalah meliputi: Keluarga, masjid, pondok pesantren dan madrasah yang merupakan lembaga pendidikan Islam yang sanat dibutuhkan oleh individu dan masyarakat di suatu negara bahkan Dunia.
Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah Pamekser dalah lembaga pendididkan Islam yang didirikan dalam rangka memfasilitasi proses pendidikan, Mengarahkan, membantu dan membekali peserta didik untuk dipersiapkan sebagai generasi yang solih dan solihah dengan penanaman keagamaan, nilai-nilai sosial maupun nilai-nilai budaya guna terwujudnya pengalaman nilai-nilai akhlakul karimah serta mewujudkan peserta didik yang memiliki skill, cakap, kreatif dan inovatif.
Al-Ghazali merupakan Sosok yang memiliki dimensi yang luas. Karyanya yang Din merupakan pemikirannya dan argumentasi kontroversial seperti dalam karyanya yang berjudul Tahafu al-Falasifah memberikan efek tersendiri bagi kalngan kaum rasionalitas. al-Ghazali berupaya melindungi Islam dari pemikiran rasionalitas yang tidak terbatas sehingga beliau menyanadang gelar hujjatul al-Islam (Wartini, 2015). Al-Ghazali juga banyak memberikan perhatiannya terhadap masalah-masalah pendidikan. Hal ini dilakukan karena dalam pandanganya, bahwa islam sangat menjunjung tinggi orang-orang yang memiliki ilmu dan orang-orang yang sungguh-sungguh mencari ilmu (Ramayulis, 2006).
Rumusan Masalah dalam peneltian ini adalah 1. Bagaimana Konsep Pendidikan Islam Menurut Al-Ghazali ? 2. Apakah lembaga pendidikan Islam (Madrasah Tsanawiyah al-Khairiyah Pamekser) memiliki relevansi dengan konsep pendidikan Islam menurut Al-Ghozali?. Adapun Tujuan peneliian ini adalah 1. Mengetahui Konsep PendidikanIslam Menurut Al-Ghazali .2.Mengetahui relevansi lembaga pendidikan Islam (Madrasah Tsanawiyah al-Khairiyah Pamekser) dengan konsep pendidikan menurut Al-Ghozali
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kulitatif deskriptif dengan pendekaan servey. Adapun kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa: Lembaga Pendidikan Islam (Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah Pamekser)
Madrasah Tsanawiyah pamekser adalah lembaga pendidikan yang memiliki Visi: “Berilmu, Cerdas, Terampil dan Berakhlaqul Karimah”.,dan Misi: 1) Mengarahkan, membantu dan membekali peserta didik untuk dipersiapkan sebagai generasi yang solih dan solihah dengan penanaman keagamaan, nilai-nilai sosial maupun nilai-nilai budaya guna terwujudnya pengalaman nilai-nilai akhlakul karimah. 2) Mewujudkan peserta didik yang memiliki skill, cakap, kreatif dan inovatif., memiliki struktur organisasi dan kurikulum yang dapat mengantarkan dan mendukung proses belajar mengajar dalam mencapai tujuan pendidikan Islam di madrasah tersebut, yang tertuang dalam visi dan misi madrasah.
Hal ini menujukan bahwa lembaga pendidikan (Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah Pamekser adalah lembaga yang pendidikan yang relevan dengan konsep pendidikan menurutal-Ghazali
Kata Kunci: Pendidikan, Konsep Pendidikan Islam
Downloads
References
Al-Ghazali. (1969). Ihya’ al-Ghazali, Jilid I (Cet.4). Surabaya: Faizan.
Hasbullah. 1996. KapitaselektaPendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: PT Raja
GrafindoPersada
Muhimin, Abd. Mujib, 1993,Pemikiran Pendidikan Islam Bandung: Trigenda Karya.
Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakkir. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Cet. Ke-2.Jakarta:
Kencana.
Suban,Alwan (2020), Konsep Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali Universitas Islam
Negeri Alauddin Makassar JURNAL IDAARAH, VOL. IV, NO. 1, JUNI
Setiawan, E. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak Anak Perspektif Imam Al Ghazali. Jurnal
Kependidikan, 5(1), 43–54.
Sulaiman, F. H. (1986). Konsep Pendidikan Al-Ghazali. Jakarta: Guna Aksara.
Sulaiman, F. H. (1993). Aliran-Aliran Dalam Pendidikan Studi Tentang Aliran Pendidikan
Menurut Al-Ghazali (Cet.I). Semarang: Dina Utama.
Ramayulis. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Wartini, A. (2015). Education Character in View of Al-Ghazali and Its Relevance with the Education Character in Indonesia. Ta’dib, 20(2), 293–310.
http://duniapendidikan33.blogspot.com/2014/12/lembaga-pendidikan-islam.html
http://kamiluszaman.blogspot.com/2015/09/lembaga-pendidikan-islam.html
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Adz-Zikr : Jurnal Pendidikan Agama Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.