Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Etika Digital Remaja Muslim
Keywords:
Pendidikan Agama Islam, Etika Digital, Remaja Muslim, Nilai Islam, TeknologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran strategis Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk dan memperkuat etika digital pada remaja Muslim di era teknologi informasi. Dengan menggunakan metode studi pustaka, artikel ini menelusuri berbagai literatur ilmiah terkini yang relevan dengan tema pendidikan Islam, etika digital, dan perilaku remaja. Hasil kajian menunjukkan bahwa PAI memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai Islami seperti kejujuran, tanggung jawab, sopan santun, dan kesadaran digital kepada peserta didik. PAI dapat berfungsi sebagai instrumen pembentukan karakter digital yang tangguh melalui integrasi nilai dalam kurikulum, keteladanan guru, serta pendekatan pembelajaran berbasis kontekstual. Dengan demikian, PAI menjadi garda terdepan dalam menghadapi tantangan moral di dunia maya.
Downloads
References
Hartati, T. N., et al. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Etika Digital Siswa di Era Media Sosial. At‑Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam.
Inayha, N. N. (2025). Penguatan Etika Digital Melalui Materi “Adab Menggunakan Media Sosial”. Journal of Education and Learning Sciences, 3(1).
Mailita, M., & Maisarah. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam sebagai landasan etika bermedia sosial. Indonesian Journal of Islamic Religious Education, 2(1), 63–74.
Setiawan, I., et al. (2024). Etika Digital dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan.
Syakhrani, A. W., et al. (2023). Strengthening the Morals of the Muslim Generation through Digital‑Based Islamic Education. Indonesian Journal of Education (INJOE).
Zaidan, M. D., et al. (2024). Peran Guru PAI dalam Membangun Kesadaran Etika Komunikasi di Era Digital. HUMANITIS: Jurnal Humaniora, Sosial dan Bisnis.