Pengaruh Kebiasaan Membaca dan Metode Pembelajaran Terhadap Kemampuan Menulis Sinopsis Cerita

(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Cimarga Tahun Pelajaran 2014/2015)

Authors

  • Trikawati

DOI:

https://doi.org/10.55307/adzzikr.v4i1.21

Keywords:

habitual reading, instructional method, competency of reading and writing synopsis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kebiasaan membaca terhadap kemampuan menulis sinopsis cerita pada siswa, pengaruh metode pembelajaran terhadap kemampuan menulis sinopsis cerita pada siswa, dan pengaruh interaksi terhadap kemampuan menulis sinopsis cerita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cimarga Tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan Metode eksperimen dan mengambil sampel sebanyak 40 orang dari 120 siswa SMP Negeri 1 Cimarga tahun pelajaran 2014/2015 yang menjadi objek penelitian. Pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner atau angket untuk variabel Kenbiasaan Membaca, tes perlakuan atau perbuatan untuk variabel Metode Pembelajaran Tanya Jawab, dan tes tertulis bentuk uraian untuk variabel Kemampuan Menulis Sinopsis Cerita. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS 16. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai bulan Mei 2014.  Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) terdapat pengaruh signifikan Kebiasaan Membaca Terhadap Kemampuan Menulis Sinopsis Cerita; 2) terdapat pengaruh signifikan Metode Pembelajaran terhadap kemampuan Menulis Sinopsis Cerita; 3) tidak terdapat pengaruh Interaksi Kebiasaan Membaca dan Metode Pembelajaran terhadap Kemampuan Menulis Sinopsis Cerita. Uji hipotesis penelitian dialakukan dengan Analisis Varians (ANOVA) dua arah dengan hasil F hitung > F tabel yaitu : X1 :  F hitung  49.650 > F tabel  : 4.09, X2 : F hitung 23,976 >  F tabel  :  4.09 dan X1 X2 F hitung =  0.699 < F tabel   = 4.09.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djoyosuroto, Kinayati (2007) Filsafat Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Book Publiser
Djoyosuroto, Kinayati dan Palenkahu, Noldy (2009) Teori Apresiasi & Pembelajaran Sastra. Yogyakarta: Pustaka Book Publiser
Rusyana, Yus, dkk (2009) Kajian Sastra dalam Perspektif Teori Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra FPBS UPI
Sumiyadi dan Anshori, Dadang S. (ed) (2009) Bahasa dan Sastra dalam Perspektif Pendidikan. Bandung: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS UPI
Tarigan, Henry Guntur (2009) Menulis sebagai suatu Keterampilan. Bandung: Penerbit Angkasa

Downloads

Published

2020-01-31

How to Cite

Trikawati (2020) “Pengaruh Kebiasaan Membaca dan Metode Pembelajaran Terhadap Kemampuan Menulis Sinopsis Cerita : (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Cimarga Tahun Pelajaran 2014/2015)”, Adz-Zikr : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), pp. 65-81. doi: 10.55307/adzzikr.v4i1.21.