Strategi Intergrasi Teknologi Digital Dalam Perkembangan Kurikulum Pendidikan Di Sekolah

Authors

  • Sayuti STIT Al-Khairiyah Cilegon
  • Nadila Zakaria STIT Al-Khairiyah Cilegon
  • Herlina Widyastuti STIT Al-Khairiyah Cilegon

Keywords:

Pendidikan Islam, Teknologi Digital, Kurikulum, Sekolah

Abstract

Pendidikan Islam memiliki peran penting dalam membentuk karakter, moral, dan spiritualitas siswa. Di era digital, integrasi teknologi digital dalam kurikulum pendidikan menjadi strategi penting untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan kualitas pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi integrasi teknologi digital dalam pendidikan Islam, dengan fokus pada tantangan yang dihadapi, solusi yang dapat diterapkan, dan dampaknya terhadap kurikulum di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan dengan menganalisis berbagai sumber relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi seperti platform interaktif, media sosial, dan elemen gamifikasi mampu meningkatkan keterlibatan siswa dan memperkaya proses pembelajaran. Namun, implementasi ini menghadapi tantangan, seperti kesenjangan akses teknologi dan kebutuhan akan pelatihan guru. Kesimpulannya, integrasi teknologi digital dapat memperkuat kualitas pendidikan Islam jika didukung oleh strategi terencana, pelatihan yang memadai, dan infrastruktur yang memadai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfinnas, S. 2018. “Arah Baru Pendidikan Islam Di Era Digital.” … : Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam.

Budiman, Haris. 2017. “Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8(1):31. doi: 10.24042/atjpi.v8i1.2095.

Dasar, Sekolah, and Negeri Canggung. 2023. “Strategi Dan Tantangan Dalam Peningkatan Pendidikan Agama Islam Di Secara Menarik Dan Interaktif Agar Dapat Membangkitkan Minat Dan Partisipasi Aktif.” 3.

Gunarsih, Tri. 2023. “Inovasi Dan Tantangan Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Digital.” GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 3(1):148–61.

Hajri, Muhammad Fatkhul. 2023. “Pendidikan Islam Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang Pada Abad 21.” Al-Mikraj 4(1):33–41.

Haniefa, Siti Maryam, Syfa Fauzia Mustofa, Teten Hermawan, Program Studi, Pendidikan Agama, Universitas Islam, Negeri Sunan, Gunung Djati, and Provinsi Jawa Barat. 2024. “Revolusi Digital Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam : Strategi Dan Implikasi Untuk Masa Depan.” 2(2):1456–64.

Hashim, Harwati. 2018. “Application of Technology in the Digital Era Education.” International Journal of Research in Counseling and Education 1(2):1. doi: 10.24036/002za0002.

Lestari, Sevi. 2022. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Berbasis Teknologi.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4:1349–58.

Maritsa, Ana, Unik Hanifah Salsabila, Muhammad Wafiq, Putri Rahma Anindya, and Muhammad Azhar Ma’shum. 2021. “Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 18(2):91–100. doi: 10.46781/al-mutharahah.v18i2.303.

Miftahul Jannah, Nurul Shafika, Eka Budi Parsetyo, and Syafaatul Habib. 2023. “Transformasi Digital Dalam Manajemen Pendidikan Islam: Peluang Dan Tantangan.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam 5(1):131–40.

Nuryadin. 2017. “Strategi Pendidikan Islam Di Era Digital.” FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 3(1):209–26. doi: 10.24952/fitrah.v3i1.637.

Salsabila, Unik Hanifah. 2019. “A Preliminary Analysis: Digital Inclusion Domain in Islamic Education.” International Journal of Education and Learning 1(1):12–18. doi: 10.31763/ijele.v1i1.23.

Tomi, Hardian. 2023. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran PAI Melalui Integrasi Teknologi Digital Dan Metode Aktif Partisipatif Pada Sekolah Menengah.” GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 3(3):144–48.

Ummul Jazilah. 2021. “INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY.” Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam 75(17):399–405.

Downloads

Published

2024-06-12

How to Cite

Sayuti, Zakaria, N. and Herlina Widyastuti (2024) “Strategi Intergrasi Teknologi Digital Dalam Perkembangan Kurikulum Pendidikan Di Sekolah ”, Adz-Zikr : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(2), pp. 8-18. Available at: https://ejournal.stitalkhairiyah.ac.id/index.php/adzzikr/article/view/196 (Accessed: 23May2025).