KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM DAN MODERASI DALAM SEBUAH PERJUMPAAN DALAM MERAWAT KERAGAMAN
Keywords:
Pendidikan, Islam, ModerasiAbstract
Tulisan ini membahas tentang Kebijakan Pendidikan Islam dan Moderasi dalam sebuah Perjumpaan dalam Merawat Keragaman. Dalam tulisan ini, dijelaskan bahwa kebijakan Pendidikan Islam dan moderasi beragama telah banyak mengalami perubahan dan penyesuaian sejak awal kemerdekaan hingga saat ini. Kebijakan pendidikan Islam dan moderasi beragama juga tidak hanya fokus pada aspek agama saja, namun melibatkan aspek sosial, budaya, dan teknologi agar setiap peserta didik mampu bersaing di era revolusi industry ini. Pendidikan Islam pada prinsipnya didasarkan pada dua sumber pokok ajaran Islam, yaitu Al-Qur’an dan Hadis. Di tambah pendidikan Islam memiliki sejarah yang luar biasa. Dengan demikian, parameter baik dan buruk dalam karakter seseorang memiliki standar tertentu menurut Al-Qur’an dan Hadis. Sebagai dasar pendidikan Islam, Al-Qur’an dan Hadis dalah rujukan untuk mencari, membuat, dan mengembangkan paradigma, konsep, prinsip, teori, dan teknik pendidikan Islam, termasuk juga dalam setiap upaya pendidikan. Karena bersumber dari Al-Qur’an dan Hadis yang merupakan pokok ajaran Islam, maka pendidikan Islam yang terkandung dalam nilai-nilai pembelajaran di madrasah disebut sebagai fondasi bagi pendidikan karakter. Dewasa ini ujian Pendidikan agama islam dan moderasi bukan hanya ada pada dunia nyata. Tetapi pula pada dunia maya. Dengan berkembangnya perkembangan zaman. Maka, kebijakan satu negara pun harus berubah guna merespon perkembangan zaman. Selain itu, perkembangan moderasi di Indonesia dilakukan melalui berbagai kebijakan, program dan kegiatan, baik yang dilakukan pemerintah ataupun swasta. Namun, masih terdapat beberapa tantangan dalam pengimplementasian Pendidikan islam dan moderasi beragama dalam merawat keberagaman di Indonesia, seperti rendahnya partisipasi masyarakat dalam program-program Pendidikan dan moderasi beragama yang diselenggarakan oleh pemangku kebijakan.
Downloads
References
Abidin Yunus, dkk,Pembelajaran Literasi, Jakarta: Bumi Aksara, 2017
Husain Afzaal, Evaluation of Curriculum Development Process, International Journal of Humanities and Social Science, Vol. 1, No 14, 2011.
Kumar Gautam Chaudhary, Factors affecting curriculum implementation for students, International Journal of Applied Research, Vol 1, No.12, 2015
Kusuma, H. E., & Novianti, D. (2018). Pengembangan sumber daya manusia dalam perspektif
Macfarlane Bruce, Freedom to learn: the threat to student academic freedom and why it needs to be reclaimed, Hongkong : Faculty of Education, The Chinese University of Hong Kong, 2018
Mahfud Choirul, Evaluation of islamic education curriculum policy in Indonesia, Premiere Educandum, Vol. 9, No.1, 2019
Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : CV Pustaka Setia, 2011
Mamma Aminuddin, Orientasi Pendidikan Dalam Prespetif Islam, Al-Riwayah : Jurnal Pendidikan, Volume 7, Nomor 01, 2015
Marisa Mira, Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” Di Era Sociaety 5.0, Santhet : Jurnal Sejarah, Pendidikan dan Humaniora, Vol.5, No.1, 2021
Miftahul Ade Irfan, Pengembangan Model Pembelajaran Multiliterasi Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Pergaulan Remaja, Yogyakarta : PT. Nas Media Indonesia, 2021
M.T Hasby Ash Shiddieqy, dkk, Al-Qur’an dan Terjemahnya Jakarta: Departemen Agama RI, 1973
Nadzir Muhammad, Metode Penelitian, Jakarta : Ghalia Indonesia, 1998
Oleksiyenko Anatoly V, Freedom of speech, freedom to teach, freedom to learn: The crisis of higher education in the post truth era, Educational Philosophy and Theory, 2020
Plotkim Hal, OER creates an unprecedented opportunity to bring continuously improving, high-quality courses within reach of more community college students, including at schools that might not otherwise be able to offer those courses, San Francisco : Creative Commons, 2010
Purkovic Damir, Conceptualization of Technology as a Curriculum Framework of Technology Education, 7th International Scientific Conference Technics and Informatics in Education, Serbia, 2018
Rohiyatussakinah Ina, Implementation of MBKM and the Relationship of Curriculum Policy based on a Case of EFL Education in Japan, Journal of English Language Teaching and Literature, Vol. 4 No. 2
Saepudin Juju, PENGEMBANGAN MADRASAH ALIYAH AKADEMIK (STUDI MAN INSAN CENDEKIA SERPONG), Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta, 2018
Sopiyansyah Deni, dkk, Konsep dan Implementasi MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), Reslaj : Religion Education Sosial Laa Roiba Journal, Volume 4 Nomor 1 , 2022
Siregar Nurhayai, dkk, Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0, FItrah : Journal Of Islamic Education, Volume 1 No 1, 2020
Suryaman Maman, Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 2020
Tubbs Nigel, Philosophy and Modern Liberal Arts Education Freedom is to Learn, United Kongdom, University Of Winchester, 2014