Pengembangan Model Pembelajaran Team Game Tournament Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak

Authors

  • Achmad Juhaeni STIT Al-Khairiyah
  • Eka Ramadanti Aisyah STIT Al-Khairiyah

Keywords:

Pengembangan, ADDIE, Team Game Tournament

Abstract

Pembelajaran akidah akhlak dengan metode konvensional sering kali membuat materi yang diajarkan sulit diingat dan menyebabkan siswa menjadi pasif. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi penerapan model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament dalam pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Al-I’Anah Jangkar. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan menggunakan prosedur ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil analisis menunjukkan perlunya model pembelajaran yang menyenangkan, sementara validasi produk diperoleh presentase nilai rat-rata 95% dengan kriteria sangat valid. Implementasi model Team Game Tournament menjadikan pembelajaran lebih interaktif dan menarik, meningkatkan semangat siswa untuk berpartisipasi. Evaluasi memberikan masukan untuk perbaikan lebih lanjut. Secara keseluruhan, penerapan model Team Game Tournament terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa serta menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan kolaboratif dalam mata pelajaran akidah akhlak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, Ranti, Kamelia. 2022. “Pengembangan Model Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Berbasis Ice Breaking Untuk Kelas III di SDN 60 Salubattang Kota Palopo.”

Fathurrohman, Muhammad. 2022. Model-Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran Yang Menyenangkan. Edited by Nur Hidayah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hapudin, Muhammad, Sholeh. 2021. Teori Belajar Dan Pembelajaran Menciptakan Pembelajaran Yang Kreatif Dan Efektif. Pertama. Jakarta: Kencana.

Listiani, Dwi. 2022. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Untuk Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Kisah Teladan Nabi Ayub As Siswa Kelas 6 MI NU 71 Unggulan Karanganom” 2 (2): 422–31.

Nursalim. 2020. Manajemen Belajar Dan Pembelajaran. Edited by Khusni Albar, Mawi. Yogyakarta: Lontar Mediatama.

Octavia, Shilphy, A. 2020. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Seprina, Reka, Yuliana, and Apdelmi. 2022. “Pengembangan Model Pembelajaran Team Games Tournaments ( TGT ) Berbasis Fotografi Bukti Peninggalan Sejarah Pada Tingkat SMA” 3 (2): 73–82. https://doi.org/10.5281/zenodo.7110810.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). 21st ed. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, Ana, Tri. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Rolling Ball Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Sukoreno Umbul Sari Jember.”

Winami, Endang, Widi. 2019. Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Edited by Ayu Kusumaningtyas, Retno. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-10-01

How to Cite

Juhaeni, A. . and Ramadanti Aisyah, E. . (2024) “Pengembangan Model Pembelajaran Team Game Tournament Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak ”, Adz-Zikr : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), pp. 53-67. Available at: https://ejournal.stitalkhairiyah.ac.id/index.php/adzzikr/article/view/168 (Accessed: 6December2024).