Upaya Pembinaan Kemandirian Pada Anak Yatim Usia Menengah Atas Di Pondok Yatim Darus Syafa’at Kota Cilegon ( Studi di Pondok Yatim Piatu Darus Syafa’at Kota Cilegon )
Keywords:
pembinaan kemandirian, anak yatim, pondok pesantren, studi kasusAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lanit pembinaan kemandirian pada anak yatim usia menengah atas di Pondok Yatim Darus Syafa’at Kota Cilegon. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis dan studi kasus, penelitian ini berfokus pada pelaksanaan pembinaan kemandirian, kendala yang dihadapi, dan anit mengatasi kendala tersebut. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan kemandirian di Pondok Yatim Darus Syafa’at mencakup empat aspek utama: (1) pemberian tempat tinggal yang layak, (2) pengelolaan harta anak yatim, (3) pembinaan keilmuan meliputi keagamaan, jasmaniah, intelektual, dan sosial, serta (4) persiapan untuk membangun keluarga mandiri. Kendala yang dihadapi meliputi adaptasi santri baru dan keterbatasan sumber daya. Upaya mengatasi kendala dilakukan melalui penerapan pola asuh yang disiplin, pengelolaan keuangan yang transparan, dan pembinaan yang komprehensif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pondok Yatim Darus Syafa’at telah menerapkan strategi pembinaan kemandirian yang sesuai dengan ajaran Islam dan kebutuhan anak yatim, meskipun masih menghadapi beberapa tantangan dalam pelaksanaannya.
Downloads
References
Firdaus. (2017). Membentuk Pribadi Berakhlakul Karimah Secara Psikologis. Al-Dzikra: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur'an Dan Al-Hadits, 11(1), 55-88.
Hidayat, N. (2015). Metode Keteladanan Dalam Pendidikan Islam. Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 135-150.
Muhsin, M. K. (2003). Mari Mencintai Anak Yatim. Gema Insani Press.
Mujib, A. (2006). Kepribadian dalam Psikologi Islam. Raja Grafindo Persada.
Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Bumi Aksara.
Rahmawati, E. (2019). Pembinaan Kemandirian Anak Yatim di Panti Asuhan. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 41-58.
Sochib, M. (2010). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Rineka Cipta.
Suryadi, B. (2015). Pendidikan Karakter: Solusi Mengatasi Krisis Moral Bangsa. Nizham Journal of Islamic Studies, 4(2), 71-84.
Wahid, A. H., & Masyhudi, M. I. (2018). Teori Kepribadian Perspektif Psikologi Islam. Journal of Islamic Education Research, 2(1), 1-16.
Yusuf, S. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Remaja Rosdakarya.