Peranan Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Terhadap Dinamika Pendidikan Islam Di Madura

Authors

  • Syaekhu Rakhman Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.55307/adzzikr.v6i2.105

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui  berdiri dan berkembangnya Pondok Pesantren Darul Ulum di Banyuanyar, serta pengaruhnya terhadap pendidikan Islam di Madura khususnya  daerah sekitar Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dan metode historis, yaitu heuristik, kritis, interpretatif, dan sumber sejarah. Hasil dari penelitian ini adalah keberadaan Pondok Pesantren Darul Ulum di Banyuanyar berperan sangat penting dalam meningkatkan pendidikan agama Islam di masyarakat, karena banyak orang Madura percaya bahwa pondok pesantren  merupakan lembaga pengajaran yang  lebih berharga daripada pendidikan lainnya. institusi. Institusi. Di kemudian hari, Pondok Pesantren Darul Ulum juga menyelenggarakan bakti sosial sebagai guru yang melayani. Selain itu, Pondok Pesantren Darul Ulum berperan dalam meningkatkan pendidikan agama Islam di masyarakat melalui berbagai cara, melalui pendekatan sosial budaya, penyuluhan, dan kegiatan silaturahmi, arisan tahlilan mingguan. Faktor pendukung terlaksananya program peningkatan pendidikan agama Islam di masyarakat adalah  sikap yang konsisten dari pengurus pondok pesantren Darul Ulum terhadap visi dan misi awal terbentuknya ponpes. Terakhir, faktor penghambatnya adalah  perilaku  mendahulukan kepentingan diri sendiri di atas kepentingan  pesantren.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abimanyu, S. (2014). Babad Tanah Jawi. Jogjakarta: Laksana

Agung, Hidakarya. (1985). Kapita Selekta Pondok Pesantren. Jakarta: Paryu Barokah

Amin Haedari dalam Jurnal Pondok Pesantren Mihrab, vol. II No. 1 Juli 2007

Anwar, Ali. (2011). Pembaruan Pendidikan Pesantren Lirboyo Kediri. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Arifin, Muzayyin. (2003). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara

Daulay, Haidar Putra. (2009). Dinamika Perkembangan Islam di Asia Tenggara. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Geertz, Clifford. (1981). Abangan, Santri, dan Priyayi dalam Masyarakat Jawa. Jakarta: Pustaka

Ghazali, Bahri. (2000). Pesantren Berwawasan Lingkungan. Jakarta: C.V. Prasasti

Gottschalk, Louis. (1975). Mengerti Sejarah. Jakarta: Univ Indonesia Press

Haedari, Amin. (2004). Masa Depan Pesantren: Dalam Tantangan modernitas dan Tantangan Kompleksitas Global. Jakarta: IRD Press

Haidar, Ali. (1994). Nahdhatul Ulama dan Islam di Indonesia Pendekata Fikih dalam Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Hasbullah. (1995). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Hossein, Djajadiningrat. (1995). Mengislamkan Tanah Jawa Telaah atas Metode Dakwah Walisongo. Bandung: Mizan

Kartodirdjo, Sartono. (1975). Sejarah Nasional Indonesia III. Jakarta: Grafitas

Madjid, Nurcholish. (1997). Bilik-bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan.

Jakarta: Paramadina

Mas’ud, Abdurrahman. (2006). Dari Haramayn ke Nusantara ;Jejak Intelektual Pesantren. Jakarta: Kencana

Muchtarom, Zaini. (2002). Islam Jawa dalam Perspektif Santri dan Abangan. Jakarta: Salemba Diniyah

Nata, Abudin. (2001). Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga – Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: PT. Grafindo persada

Rahardjo, Dawam. (1995). Pesantren dan Pembaharuan. Jakarta: LP3ES

Rochidin, Wahab. (2004). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Bandung: Alfabeta

Said, Muh. (1987). Mendidik dari Zaman ke Zaman. Bandung: Jemmars.

Samhari, Muhammad. (2012). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia di Madrasah Aliyah Darul Ulum Banyuanyar Palengaan Pamekasan. Skripsi. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan

Siddiq, Achmad. (1983). Pesantren As-Shidiqi Pusat. Jember, Jawa Timur

Steenbrink, Karel A. (1974). Pesantren Madrasah Sekolah; Pendidikan Islam

dalam Kurun Modern. Jakarta: LP3ES

Suryadi. (2015). Pola Pengasuhan Anak di Panti Asuhan Darul Aitam Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Potoan Daya Palengaan Pamekasan. Skripsi. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan

Wawancara dengan Bapak Afif sebagai masyarakat sekitar Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar pada tanggal 23 Maret 2019

Wawancara dengan Ustadz Baisuni Salim selaku Wabid. Ma’hadiyah Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar pada tanggal 21 Maret 2019

Wawancara dengan Ustaz Khalil selaku Ketua Umum Pengurus Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar pada tanggal 21 Maret 2019

Wirjosukarto, Amir Hamzah. (1963). Pembaharuan Pendidikan dan Pengajaran

Islam. Malang: U.U.Ken Mutia

Yunus, Mahmud. (1979). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Mutiara

Zakariyya, Muhammad. (2003). Ensiklopedi Tematis Filsafat Islam, Bandung: Mizan

Zuhairini dkk.. (2000). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Zuhri, Saifuddin. (1983). Kyai Haji Abdul Wahab Khasbullah Bapak Pendiri Nahdhatul Ulama. Yogyakarta: Pustaka Falakiah

Downloads

Published

2021-12-24

How to Cite

Rakhman, S. (2021) “Peranan Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Terhadap Dinamika Pendidikan Islam Di Madura”, Adz-Zikr : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), pp. 1-18. doi: 10.55307/adzzikr.v6i2.105.