Pengaruh Metode Talaqqi Terhadap Kemampuan Baca dan Tulis Al-Qur’an dalam Qur’an Surat Al-Kafirun dan Al-‘Asr
Keywords:
Metode Talaqqi, Kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an.Abstract
Permasalahan peserta didik dalam membaca dan menulis Al-Qur'an di SDN Simpang Tiga, terkait kurangnya motivasi dan penguasaan tajwid. Fakta menynjukkan beberapa siswa sudah bisa membaca Al-Qur'an, namun kemampuannya bervariasi. Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif, menggunakan data primer dan sekunder melalui tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode Talaqqi untuk membaca dan metode imla untuk menulis Al-Qur'an berada pada kategori sedang. 1) Metode Talaqqi mencatat nilai minimum 29, maksimum 45, dengan mean 36,06 dan deviasi standar 3,491. 2) Kemampuan baca dan tulis Al-Qur'an peserta didik juga bervariasi, dengan skor minimum kemampuan membaca (variabel Y1) 11, maksimal 20, dan mean 38,19 dengan deviasi 7,539, menunjukkan kategori sedang. 3) Analisis koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa metode Talaqqi berpengaruh signifikan, dengan nilai R² sebesar 71,6% untuk kemampuan baca dan 38,1% untuk kemampuan tulis. Temuan ini menekankan perlunya peningkatan motivasi dan dukungan dari lingkungan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur'an di kalangan peserta didik.
Downloads
References
Batee, M. M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), 313–324. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.108
Edi Sutopo, M. P., Harsojo, A., Purbayatri, S., SITI HUROIROHMATIN, S. P., Wijayanti, E., Susan, A., Harahap, D. I., Lutfi, M., Tri Wulaning Purnami, M. P. M. M., & Siswati, P. (2020). Selaksa Rasa KBM Online. Omera Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=lgPhDwAAQBAJ
faizah, mazidatul, Binti Qoirot, S., & Nasirudin, M. (2020). Latar belakang paragraf 1 Mazidatul Faizah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Keagamaan, 1(1), 38–41.
Masyarakat, J. P. (2020). Maslahah Maslahah. 1(1), 49–58. https://doi.org/10.30596/maslahah.v
Muhammad Aman Ma’mun. (2019). Kajian Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 2–10. https://doi.org/10.37286/ojs.v4i1.31
Noviana, A., Ahmad, A., & Muharam, S. (2021). Program Tahsin Al-Qur’an dalam Mengembangkan. Proceedings UIN Gunung Djati Bandung, 1(51), 1–8.
Pambudi, R., Afghohani, A., & Farahsanti, I. (2019). The Effect of Youtube Video Media On Mathematical Learning Achievements In Tenth Grade Students SMK Negeri 2 Sukoharjo 2017/2018 Academic Year. Jurnal Pendidikan, 28(2), 175–182. https://doi.org/10.32585/jp.v28i2.345
Rizalludin, A. (2019). Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahsin Dan Tahfiz Al-Qur’an. Khazanah Pendidikan Islam, 1(1), 33–37. https://doi.org/10.15575/kp.v1i1.7138
Suharyat, Y., & Watini, S. (2023). Teknologi Media Promosi Baligho dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an Pada Pendidikan SMP. Technomedia Journal, 8(1SP), 46–56. https://doi.org/10.33050/tmj.v8i1sp.2002
Yuhana, A. M., Annaoval, M. A., & Anwar, S. (2023). Pengaruh Metode Talaqqi Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri: The Influence Of The Talaqqi Method On Students’Al-Qur’an Reading Ability. Edusifa: Jurnal Pendidikan Islam, 9(3), 165-183.