UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE INQUIRY LEARNING PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS MATERI BACAAN MAD IWAD DAN MAD ARID LIS SUKUN DI KELAS VIII MTs AL-INAYAH CILEGON
Keywords:
Kata kunci : Metode Inquiry Learning, Al-Quran Hadits bacaan Mad Iwad dan Mad Arid Lis Sukun, hasil belajar.Abstract
ABSTRAK
Pendidikan merupakan pemberdayaan sumber daya manusia. Melalui pendidikan seseorang individu didorong untuk berpikir, menilai dan bertindak. Pendidikan membantu anak dalam pembentukan dirinya sebagai makhluk individu yang makhluk sosial. Pendidikan sebagai hasil meliputi perubahan yang telah terjadi pada diri individu selama partisipasinya dalam proses pendidikan yang dialaminya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada pelajaran Al-Qur’an Hadits terutama tentang ilmu tajwid menggunakan metode Inkuiri Learning pada siswa kelas VIII MTs Al-Inayah Cilegon. Metode Penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research.
penelitian tindakan kelas (PTK) ini merupakan suatu bentuk penelitian yang dilakukan ketika proses pembelajaran berlangsung yang bersifat reflektif, kolaboratif dengan melakukan tindakan yang tepat dan subjek yang diteliti adalah siswa. Dalam menggunakan penlitian ini dilakukan tiga tahapan yaitu : pra siklus, siklus I dan silku II Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai Februari tahun 2022. Hasil uji gain menunjukkan pada pra siklus ke siklus I di peroleh nilai sebesar (0,39) termasuk dalam katogori sedang, selanjutnya dari siklus I ke siklus II di peroleh nilai sebesar (0,27) tergolong dalam kategori rendah, sedangkan perhitungan Gain dari pra siklus ke siklus II di dapatkan hasil (0,55) termasuk kedalam kategori sedang. Dari hasil uji Gain tersebut terdapat peningkatan pada setiap siklus, baik dari pra siklus sampai ke siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan metode Inquiry Learning pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi bacaan Mad Iwad dan Mad Arid Lis Sukun di kelas VIII MTs Al-Inayah Cilegon dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Ahmad, S. (2010). Strategi Belajar Mengajar Dan Micro Teaching. Jakarta: Quantum Teaching.
Anggia. (2020). Penggunaan Model INQUIRY LEARNING dalam Pembelajaran. Malang: Ahlimedia Press.
Arikunto, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Aidah, S. N. (2020). Cara Efektif Penerapan Metode dan Model Pembelajaran. Jogjakarta: KBM Indonesia.
Al-Tabany, T. I. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.
Al-Tabany, T. I. (2017). Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: PERDANAMEDIA GROUP.
Sinar, M. (2018). metode active learning upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.
Sinar, M. (2018). metode active learning upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.
Harahap, s. b. (2020). Setrategi Penerapan Metode Ummi dalam Pembelajaran Al quran. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Imam, c. (2020). INOVASI PENDIDIKAN ISLAM. Bengkalis Riau: DOTPLUS Publiser.
Kalsum, u. (2022). PENELITIAN TINDAKAN KELAS Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jember: CV RFM Pramedia Jember.
Maemunawati, siti ; Alif , Muhammad ;. (2020).Peran guru dan orang tua metode dan media pembelajaran strategi KBM dimasa pandemi COVID 19. Serang Banten: Media karya serang.
Lufri, M. e. (2020). METODOLOGI PEMBELAJARAN STRATEGI, PENDEKATAN, MODEL, METODE, PEMBELAJARAN. Malang: CV IRDH.
Lim, U. a. (2016). Pedoman Ilmu Tajwid Lengkap . Bandung: Penerbit Diponogoro.
Hamalik. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Eko. (2021). Model Pembelajaran Era Society 5.0. Cirebon: Yayasan Insan Shodiqin Gunung jati.
Indriyanti, A. N. (2019). INOVATOR LANGGAS. Punogoro: Myria Publiser.
Ismatul Maula, e. (2021). Pengembangan Metode Pembelajaran PAI. Bandung: Media Sains Indonesia.
Muhibbin. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Muhibbin. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali pers.
PAI, t. g. (2022). LKS Quran Hadits klas 8. jakarta : Departemen Agama RI.
Prajnaparamita, a. (2020). Penggunaan Metode Inquiry Learning dalam Pembelajaran. Kota Malang: Ahlimedia Press.
Prajnaparamita, a. (2020). Penggunaan Model Inquiry Learning dalam Pembelajaran. Kota Malang: Ahlimedia Press.
Rosyid, m., mustajab, & abdullah, a. r. (2019). prestasi blajar. Malang: litrasi Nusantara.
Niken. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Jawa Timur: Lakeisha Anggota IKAPI.
Sanjaya, w. (2016). Penelitian Tindakan Klas. Surabaya: Perdana Media.
Saputra, n. (2021). Penelitian Tindakan Klas. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Salminawati. (2011). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Ciptapustaka Media Perintis.
Sagala. (2021). Pengembangan model pembelajaran PAI di masa pandemi COVID 19 . Bandung Jawa Barat: MEDIA SAINS INDONESIA.
Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas . Bandung: Prenada Media.
Saputra, N. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Siregar, T. (2021). inquiry learning. Malang: Yayasan Insan Shodiqin.
Siregar, t. (2021). Inquiry Learning era society 5.0. Cirebon: Yayasan Insan Shodiqin Gunung Jati.
Slameto. (2010). BELAJAR dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Rmaja Rosdakarya.
sugiyono. (2010). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN PENDEKATAN KUANTITATIF KUALITATIF. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2008). Evaluasi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Muhibbin, S. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Syarifudin. (2018). Pendidikan Agana Islam dan Budipekerti. Yogyakarta: Budi Utama.
Tiurlina Siregar, e. (2021). Model Pembelajaran era Society 5.0. Cirebon: Yayasan Insan Shodiqin Gunung Jati.
Tiurlina, s. (2021). Model Pembelajaran era society 5.0. Cirebon: Yayasan Insan Shodikin Gunung Jati.
Topic Offirstson M.Si, M. (2014). Aktivitas Pembelajaran Melalui Inquiry Berbantuan Software Cinderella. Yogyakarta: Budi Utama.
Wardoyo, S. M. (2013). Pembelajaran Berbasis Riset. jakarta: Akademia Permata.
Syafarudin. (2019). Guru Mari kita menulis Penelitian Tindakan Klas. Yogyakarta: CV Budi Utama